Minggu, 01 Desember 2013

Gambaran Umum Bank Sampah MI Cikalong

Dusun Cikalong merupakan dusun yang dikelilingi oleh hutan dan kebun serta aliran sungai Cimanuk, yang mana merupakan daerah potensi rawan penyakit yang ditimbulkan oleh banyaknya sampah. Sebagian masyarakat Dusun Cikalong suka membuang sampah ke sungai Cimanuk sehingga berdampak pada pencemaran air dikarenakan tidak adanya tempat pembuangan sampah secara umum, sehingga sampah organik dan anorganik berserakan dikarenakan tidak adanya pengelolaan sampah.
Berangkat dari hal tersebut di atas, maka lahirlah Bank Sampah di Dusun Cikalong pada tanggal 24 Oktober 2013 yang bernama BANK SAMPAH MI CIKALONG dengan lokasi di MI Ciklong Tomo – Sumedang, dengan pengelolaannya Bank Sampah Berbasis Pendidikan. Selain dari pada masyarakat, siswa dan siswi MI Ciklong dididik dari sejak dini untuk membiasakan berperilaku hidup sehat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar. 
Banyak dukungan terhadap berdirinya Bank Sampah MI Cikalong, diantaranya Kepala Madrasah beserta guru-guru di lingkungan MI Cikalong.

 
Bank Sampah MI Cikalong beranggotakan siswa siswi MI Ciklong yang berjumlah 70 orang dan masyarakat Dusun Cikalong. Kegiatan Bank Sampah MI Cikalong terdiri dari :
  1. Pengelolaan sampah organik menjadi pupuk organik.
  2. Pengelolaan sampah anorganik menjadi kerajinan daur ulang dan kreasi
  3. Pengadaan kredit Jamban Sehat untuk lapisan masyarakat baik Desa Tomo Kecamatan Tomo dan di luar Kecamatan Tomo
  4. Pembibitan tanaman sebagai tanaman penghijauan di lingkungan, untuk hasil panennya dapat menambah penghasilan masyarakat sekitar khususnya Dusun Cikalong Tomo Sumedang.
 
Motto :
Bersih Itu Sehat 
Visi dan Misi
Visi Bank Sampah MI Cikalong
"Mewujudkan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan berbasis Pendidikan"

Misi Bank Sampah MI Cikalong
  1. Mengurangi masalah sampah yang tak tertangani
  2. Pilot project manajemen pengelolaan sampah 
  3. Sosialisasi dan aplikasi pertanian organik kepada masyarakat

    0 komentar:

    Posting Komentar