Minggu, 01 Desember 2013

Menuju Desa Sehat dengan Kredit Jamban

Desa sehat  adalah kondisi desa  yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk.  Salah satu indikator desa sehat adalah tidak adanya lagi kotoran manusia yang dibuang ke lingkungan. Untuk mencapai kondisi desa sehat ini bukan merupakan hal yang mudah. Masyarakat harus mau mengubah kebiasaannya buang air besar sembarangan di sungai atau di kebun. Berbagai upaya untuk merubah kebiasaan masyarakat yang tidak sehat tersebut telah dilakukan, diantaranya dengan memicu masyarakat yang biasa buang air besar sembarangan dengan rasa takut, berdosa, malu, jijik, dan aman. 
Bank Sampah MI Cikalong mewujudkan untuk tercapainya desa sehat dengan mengadakan program unggulan yaitu "JAMBAN SEHAT BANK SAMPAH MI CIKALONG". Dengan adanya kredit jamban sehat ini diharapkan masyarakat khususnya Dusun Cikalong dan umumnya untuk Kecamatan Tomo tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan.

Pemasaran Produk  Jamban Sehat
Pemasaran jamban sehat dilakukan dengan menggunakan brosur yang berisi beberapa tipe jamban sehat dari harga Rp. 1.000.000 sampai Rp.1.500.000. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti harga material. Dengan bekal brosur inilah para koordinator Bank Sampah MI Cikalong ketika melakukan kunjungan rumah, akan berkata, kami datang tidak membawa stimulan, kami datang menjual jamban sehat.
Produk jamban sehat dari kelompok wira usaha sanitasi harus memenuhi   kriteria jamban sehat menurut Kemenkes, yaitu: (1) Tidak mencemari air dan tanah permukaan, (2) Bebas dari serangga, (3) Tidak menimbulkan bau, (4) Tidak menimbulkan gangguan pada pemakainya, (5)  Aman dan nyaman digunakan, (6) Mudah dibersihkan, (7) Tidak menimbulkan pandangan yang tidak sopan.

 

0 komentar:

Posting Komentar